Yogyakarta, metroraya.id – Pelaku pariwisata dan pebisnis wisata dari berbagai kota se-Indonesia turut serta dalam Table Top Jogja Travel Exchange JTE 2025 yang diprakarsai oleh Insan Pariwisata Indonesia, di Gedung Pandawa komplek Balai Kota Yogyakarta. Kamis, 11/9/25.
Ketua Panitia Jogja Travel Exchange 2025 Hariawan mengatakan program ini merupakan kerja bareng antara DPD Insan Pariwisata Indonesia IPI DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta serta sejumlah sponsor. “Dengan diadakan Table Top JTE 2025 ini diharapkan mampu mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke kota Gudeg dan membantu mempromosikan para vendor seperti resto dan pusat oleh-oleh dan memajukan UMKM-UMKM yang ada di Yogyakarta,” ujar Hariawan yang juga anggota IPI DIY Bidang Industri Perhotelan.
Wawan Harmawan, Wakil Walikota Yogyakarta menuturkan bahwa industri pariwisata berkembang pesat di Kota Jogja dengan tersedianya hotel, restoran, spa, karaoke, dan pusat oleh-oleh dan lain sebagainya.
“Hampir 80 persen fasilitas akomodasi dan restoran DIY berada di wilayah Kota Yogyakarta dan keberadaan berbagai usaha pariwisata tersebut mendukung keunggulan wisata di Jogja dengan wisata alam yang indah sekitar Kota Yogya. Tercatat pada 2025 ini, telah dan akan digelar sebanyak 135 event di Kota Yogya, yang tersebar di berbagai kategori, mulai budaya, seni, musik, olahraga, dan minat khusus,” jelas Wawali.
Sementara itu, GKR Bendara yang turut hadir sebagai pembicara mengatakan bahwa DIY memiliki banyak destinasi wisata budaya berbasis kampung wisata di tingkat kelurahan yang menjadi destinasi baru bagi pengunjung, dengan beragam wisata seperti kuliner, fashion, hingga craft.

Saling Mengenalkan Dan Menawarkan Paket Wisata Dari Para Pebisisni Pariwisata dan Pelaku wisata Tanah air. Foto :by Metroraya.id
Dengan mengusung tema Membangun Pusat Wisata Edukasi dan Budaya Berkelanjutan Melalui Inovasi, diharapkan dampak dari event JTE nantinya akan menambah okupansi hotel. Dengan kehadiran para konsumen di Kota Yogya tentunya berimbas positif bagi perekonomian.
Tim Marketing dan Humas Pura Ulundanu Brata dan The Plum Garden Bali Ni Luh Selvi Natasha menuturkan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta sangat berpotensi untuk melanjutkan kunjungan wisatanya ke Bali. Melihat potensi itu, Ia bersama tim, datang jauh-jauh dari Bali mewakili perusahaan jasa wisatanya untuk mempromosikan objek wisata di Bali. * Pewarta: Rochmad | Editor: Retnowati.
Leave a Reply