Sleman, metroraya.id –Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam NexTalk berkerjasama dengan Ok Oce Indonesia mengadakan Talkshow NexTalk bertajuk Strategi Public Relation Kreatif UMKM Naik Kelas: Bikin Heboh Bikin Laris di Gedung Cinema Amikom Yogyakarta, Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman. Kamis pagi, 19/6/25.
NexTalk yang digawangi oleh Olga Naradinda menggagas acara ini sebagai ruang belajar bersama, khususnya bagi para pelaku UMKM, calon wirausaha muda dan pegiat industri kreatif, agar bisa lebih siap membangun branding dan komunikasi efektif di era digital.
“Talkshow Strategi Public Relation Kreatif UMKM Naik Kelas sendiri merupakan talkshow inspiratif yang membahas cara cerdas membangun citra UMKM lewat strategi Public Relation yang kreatif dan relevan di era digital,” jelas Olga Naradinda.
Oleh karenanya dihadirkanlah tiga orang pembicara yang menyampaikan materi yang sangat relevan, yakni Strategi Public Relation Dasar oleh Tri Harsa Wibowo Founder Garda Mandiri, Perencanaan Konten oleh Dyah Marini CEO Nglarisi UMKM Yogyakarta, dan Fondasi dan Motivasi Bisnis di Era Digital oleh Iim Rusyamsi Ketua Umum Ok Oce Indonesia.
Selain itu event ini juga menggandeng para pelaku UMKM Yogyakarta dan Pegiat Industri Kreatif dan Calon Wirausaha Muda untuk berpameran dalam ruang Bazar UMKM di Basemet 5 Universitas Amikom.

Ketua Ok Oce Indonesia, Iim Rusyamsi Saat Mengunjungi Bazar UMKM. Foto: Dok. NexTalk for metroraya.id
“Kami juga mengundang teman-teman mahasiswa dan masyarakat untuk mengunjungi Bazar UMKM di Basement 5 komplek kampus Amikom sebagai wujud dukungan terhadap produk lokal dan semangat kolaborasi,” ajak Olga Naradinda, mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu Komunikasi.
Dihadiri oleh kurang lebih 78 peserta dari kalangan mahasiswa, pelaku usaha UMKM serta komunitas wirausaha muda dari Sleman, Bantul, Kulonprogo, Yogyakarta dan Gunungkidul, kegiatan ini memberikan ilmu, jaringan bisnis juga apresiasi berupa sertifikat.
“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung lancarnya kegiatan ini, khususnya para narasumber, sponsor, dan rekan panitia. Semoga acara hari ini bermanfaat dan menginspirasi,” ungkap Olga.
Ceo Nglarisi UMKM Yogyakarta mengungkapkan bahwa ini adalah event yang sangat bagus, dimana pelaku UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian yang sangat survive saat terjadi wabah covid dan krisi ekonomi global, “Mengajak peserta yang hadir sharing tukar pikiran memberikan beberapa motivasi, berharap ke depan acara seperti ini diadakan lagi dalam setahun 2 kali atau lebih, semoga kegiatan talkshow NexTalk ini menjadi contoh universitas lain dan membuat event serupa,” ujar Dyah Marini.

Segenap Crew NexTalk Usai Berakhirnya Acara. Foto: Dok. NexTalk for metroraya.id
Event yang terbilang sukses ini, merupakan pemenuhan tugas 15 mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi dalam Mata Kuliah Produksi Media Kehumasan. Meraka adalah Yanuar Zidan Cesarento 22.96.3288 – Achmad Farhan Febrianto 22.96.3273 – Dyane Yulita Arruan Banga 22.96.3287 – Dewi Fajria Nurinnajma 22.96.3509 – Abhyasa Farrel Yudanta 22.96.3506 – Galen Al Rafi 22.96.3503 – Dea Gabriella Supit 22.96.3293 – Ahmad Hudaefi 22.96.3281 – Leony Aprilia Dalur 22.96.3283 – Ernest Arvin J.S 22.96.3251 – Olga Naradinda 22.96.3271 – Wildan Bagas Karunia G 22.96.3601 – Markus Christian Jati 22.96.2910 – yefta ardi aprelliano 22.96.3504 – Menniek fatimah 22.96.3295.
Di era globalisasi dan digitalisasi, kegiatan positif yang melibatkan mahasiswa yang mempunyai usaha serta wirausaha muda perlu diadakan secara berkala. *Penulis/Editor: Rochmad/Retnowati.
Leave a Reply