Peningkatan Volume Penumpang KAI Daop 6 Menjelang Peringatan May Day Internasional 2025

Yogyakarta,metroraya.id – Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada Kamis, 1 Mei 2025 dan berdekatan dengan akhir pekan, KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat adanya peningkatan volume penumpang secara signifikan, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan di stasiun wilayah Daop 6.

Tercatat volume keberangkatan penumpang diperkirakan sebanyak 12.984 penumpang menggunakan layanan kereta api jarak jauh dari wilayah Daop 6 pada Rabu, 30 April 2025. Angka ini mengalami peningkatan 4% dibandingkan Rabu pekan sebelumnya dengan volume sebanyak 12.444 penumpang.

Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada arus kedatangan penumpang di stasiun wilayah Daop 6. Diperkirakan sebanyak 17.104 penumpang tiba di berbagai stasiun di wilayah Daop 6, atau meningkat 31% dibandingkan jumlah kedatangan pada Rabu minggu lalu yang berjumlah sejumlah 13.023 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih mengatakan kenaikan ini merupakan pola musiman yang biasa terjadi menjelang hari libur, terutama jika berdekatan dengan akhir pekan atau menciptakan potensi long weekend.

“Kami melihat adanya pergerakan masyarakat yang memanfaatkan momentum libur Hari Buruh International untuk bepergian, baik untuk tujuan wisata, pulang kampung, maupun kunjungan keluarga,” ujar Feni.

Feni menambahkan bahwa KAI Daop 6 telah melakukan berbagai langkah antisipatif untuk memastikan pelayanan tetap prima di tengah lonjakan penumpang. KAI Daop 6 juga terus berkoordinasi intensif dengan stakeholder seperti Dishub dan kepolisian terkait potensi kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi pada saat May Day, Kamis, 1 Mei 2025.

“Meskipun terjadi peningkatan volume penumpang, KAI Daop 6 memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api tetap berjalan sesuai jadwal. Protokol keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama,” terang Feni.

KAI Daop 6 juga mengimbau kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan kereta api sejak jauh-jauh hari dan melakukan pemesanan tiket yang sudah dapat dilakukan mulai H-45 keberangkatan baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun channel lainnya yang bekerja sama dengan KAI mengingat kedepannya akan ada beberapa libur long weekend.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. *Rls/Rochmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *